Inilah Cara Memutihkan Kuku Dengan Mudah Dan Tepat

Hampir semua perempuan menginginkan penampilan yang sempurna. Tak heran jika mereka selalu ingin tampil cantik dari ujung kepala sampai ujung kaki. Salah satu bagian tubuh yang juga menarik perhatian adalah kuku. Setiap wanita pasti menginginkan kuku yang cantik, berkilau, dan putih. Namun, tanpa disadari ada banyak penyebab kuku menjadi kusam dan terlihat kekuning-kuningan. Dari masalah tersebut, banyak di antara wanita yang mencari berbagai cara memutihkan kulit. Bahkan ada juga di antara mereka yang rela mengeluarkan biaya mahal hanya untuk merawat kuku.

Sebetulnya, ada banyak sekali cara memutihkan kuku yang berwarna kuning tanpa harus melakukan perawatan di salon kecantikan. Penasaran? Mari simak informasinya berikut ini.

Cara Memutihkan Kuku Dengan Cepat

Bagi Anda yang ingin memiliki kuku yang cantik dan terlihat putih, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai solusinya. Bahan-bahan alami tersebut di antaranya sebagai berikut:

  1. Cuka putih

Cara memutihkan kuku yang pertama adalah dengan menggunakan cuka putih. cuka putih memiliki kandungan asam ringan yang mampu menghilangkan partikel noda dari permukaan kuku Anda. Namun, Anda hanya bisa menggunakan cuka putih saja. Sebab beberapa jenis cuka seperti cuka apel, cuka balsamic ataupun cuka-cuka yang lain bisa menyebabkan kuku Anda akan ternoda dan terlihat semakin kusam.

Cara membuat kuku menjadi putih dengan menggunakan cuka putih yang pertama adalah menuangkan 1 sendok makan (5-15 ml) cuka putih ke dalam wadah serta tambahkan 250 ml air hangat. Kemudian rendam kuku ke dalam wadah tersebut selama kurang lebih 8 menit. Setelah selesai di rendam, bilaslah dengan air yang mengalir lalu keringkan.

  1. Baking soda

Cara yang ke dua adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda dipercaya mampu mengatasi masalah kuku yang kusam dan kekuningan. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan hydrogen peroksida yang diolah menjadi pasta.

Cara untuk melakukannya yaitu pertama, campurkan terlebih dahulu 15 ml (1 sendok makan) hydrogen peroksida dan 37 ml (2 ½ sendok makan) baking soda dan aduk sampai menjadi pasta lembut. Kemudian gunakan kapas untuk mengoleskannya pada kuku dan biarkan selama kurang lebih 3 menit. Selanjutnya, bilas dengan air bersih, maka Anda akan bisa melihat perbedaannya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan selama 6 sampai 8 minggu.

  1. Jeruk nipis

Dengan kandungan asam yang tinggi, jeruk nipis mampu menghilangkan noda dari permukaan kuku. Caranya pertama, siapkan 1 buah jeruk nipis dan cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian, potong jeruk nipis menjadi 2 bagian dan gosokkan pada kuku selama kurang lebih 30-60 detik. Setelah itu, bersihkan kuku Anda dengan menggunakan air bersih.

  1. Garam

Cara memutihkan kuku yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garam. Garam merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kuku yang ternoda. Caranya, dengan mencampurkan garam dengan perasan jeruk lemon dan aduk sampai menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada permukaan kuku lalu diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan dengan air sampai benar-benar bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Pasta gigi

Pasta gigi memiliki kandungan keratin yang bermanfaat untuk mengangkat noda dan kotoran yang menempel pada kuku. Caranya, siapkan pasta gigi dan sikat. Kemudian, oleskan pasta gigi pada setiap kuku tangan maupun kuku kaki secara merata. Gosok dengan menggunakan sikat gigi, namun jangan terlalu keras. Setelah digosok, biarkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi cara tersebut selama beberapa kali dalam seminggu.

  1. Minyak esensial

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak esensial seperti minyak zaitun. Caranya, siapkan minyak esensial ke dalam wadah. Setelah itu, rendam kuku ke dalam minyak tersebut selama beberapa menit. Kemudian, bilaslah kuku dengan air hangat dan keringkan. Anda dapat melakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Campuran jeruk nipis dan air sabun

Selanjutnya adalah cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis dan air sabun. Kandungan asam yang ada pada jeruk nipis tidak hanya berguna untuk menghilangkan jerawat. Namun, juga bisa digunakan untuk membersihkan kuku dari noda yang menempel. Air sabun berguna untuk membantu menghilangkan partikel noda tersebut pada kuku. Selain itu, sabun juga bisa bermanfaat dalam proses mengikat partikel kotoran penyebab noda setelah menggunakan jeruk nipis.

Cara memutihkan kuku dengan campuran jeruk nipis dan sabun yaitu pertama siapkan 60 ml air perasan jeruk nipis, 250 ml air hangat dan 15-30 ml sabun cair ke dalam wadah. Kemudian aduk semua bahan tersebut sampai merata, lalu rendam kuku Anda selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, bilas kuku Anda menggunakan air yang mengalir. Untuk mencegah kulit tangan menjadi kering setelah direndam ke dalam perasan jeruk nipis, Anda bisa mengolesi kulit tangan dengan menggunakan pelembab.

Semua bahan-bahan tersebut sangat cocok digunakan sebagai cara memutihkan kuku tangan yang panjang. Tentunya, perlu ketelatenan agar Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Setelah mengetahui cara memutihkan kuku di atas, mulai sekarang Anda bisa melakukan perawatan kuku sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan. Namun perlu diingat, jika kuku Anda sudah cantik, cerah dan putih, mulailah untuk menghindari hal-hal yang bisa membuat kuku Anda menjadi kusam dan kekuningan lagi.