6 Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat Secara Alami

Memiliki kulit berjerawat tentunya sangat tidak nyaman, apalagi bila jerawat sering sekali muncul dalam jumlah banyak dan meninggalkan bekas pada wajah. Kondisi jerawat sebenarnya bukan hal yang membahayakan namun walaupun begitu banyaknya jerawat kerap kali membuat beberapa orang merasa tidak percaya diri. Lantas, bagaimana cara mencegah dan mengobati jerawat? Berikut ulasannya.

Mengobati jerawat menggunakan soda kue

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati jerawat adalah dengan memanfaatkan baking soda atau soda kue. Cara ini cukup direkomendasikan sebab bisa mengatasi jerawat dalam waktu cukup cepat. Soda kue bisa membuat pH yang ada pada kulit seimbang, bisa menjadi anti inflamasi dan anti septik yang sangat dibutuhkan ketika jerawat muncul di permukaan kulit.

Cara mengolah soda kue untuk jerawat:

Anda bisa menyiapkan 2 sendok makan soda kue dan air hangat terlebih dahulu. Kemudian, campurkanlah keduanya hingga mengental atau membentuk pasta. Sebelum diaplikasikan pada wajah sebaiknya Anda mencuci wajah terlebih dahulu agar tidak ada kotoran yang menghalangi kandungan soda kue untuk meresap pada kulit. Aplikasikan soda kue secara merata ke seluruh wajah Anda, diamkan selama 10-15 menit, kemudian Anda bisa membersihkan kembali wajah menggunakan air  hangat.

Anda akan merasakan kulit terasa sedikit kering setelah menggunakan soda kue, bila itu cukup mengganggu Anda bisa langsung menggunakan pelembap wajah yang biasa digunakan.

Campuran masker alpukat dan madu

Alpukat diperkaya dengan vitamin E yang bila diaplikasikan pada kulit bisa membantu mencegah terjadinya peradangan. Sementara madu, merupakan cairan yang berasal dari lebah dan sudah sejak dulu dipercaya bisa mengatasi berbagai macam keluhan penyakit, salah satu khasiat yang baik untuk jerawat adalah sifatnya yang anti bakteri. Bila kedua bahan ini dicampurkan maka secara alami bisa membantu menghilangkan jerawat.

Cara mengolah campuran alpukat dan madu untuk jerawat:

Cara penggunaanya tidak terlalu sulit, Anda hanya tinggal menumbuk halus setengah bagian daging alpukat kemudian ditambahkan dengan 1 sendok makan madu. Aduk hingga kedua bahan tercampur kemudian aplikasikan secara merata pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air hangat atau lap.

Masker yoghurt dan madu

Yang kita tahu, yogurt hanya bisa membantu pencernaan saja bukan? Namun, ternyata manfaat yogurt lebih daripada itu. Kandungan bakteri baik, asam alfa hidroksi dan asam laktat di dalamnya ternyata bisa membantu menghilangkan adanya sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori kulit dan mengakibatkan timbulnya jerawat. Sementara madu, sudah sangat jelas memiliki sifat anti bakteri yang dibutuhkan kulit berjerawat.

Cara pengolahannya tidak sulit, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan yogurt kemudian aduk hingga kedua bahan tercampur. Oleskan bahan campuran pada wajah secara merata, diamkan selama 10-15 menit kemudian bersihkan kembali wajah menggunakan air hangat.

Olahan masker lemon

Cara lain untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan lemon. Asam askrobat-L merupakan kandungan yang ada di dalam buah ini yang mampu mencegah terjadinya peradangan pada kulit wajah yang berjerawat dan membersihkan sumbatan yang terjadi pada pori-pori wajah. Lemon juga bisa membuat wajah tampak lebih cerah serta membantu menghilangkan noda bekas jerawat secara alami.

Cara mengolah lemon untuk jerawat:

Ambilah 1 buah lemon segar, kemudian potong menjadi dua dan peras untuk memisahkan airnya. Oleskan air perasan lemon ke seluruh wajah, diamkan selama 10-15 menit, jika sudah selesai bilas kembali wajah menggunakan air bersih. Kalau Anda memiliki persediaan madu, tambahkan juga 1 sendok makan madu agar bisa membantu menyehatkan kulit secara maksimal dan alami.

Masker pisang dan kunyit

Pisang diperkaya akan kandungan anti oksidan, vitamin E dan potassiumnya. Kandungan tersebut mampu memberikan manfaat pada wajah terutama untuk membuatnya lebih lembab dan cerah. Selain itu, kandungan lektin di dalam pisang juga bisa melawan adanya bakteri yang menyebabkan jerawat. Sementara kunyit merupakan rempah yang memiliki kandungan kurkuminoid yang mampu mengobati peradangan pada kulit.

Cara mengolah pisang dan kunyit untuk jerawat:

Proses pengolahan pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghaluskan 1 buah pisang, kemudian tambahkan ½ sendok makan bubuk kunyit dan ½ sendok makan soda kue (bila ada), aduk semua bahan secara merata. Sebelum mengaplikasikannya langsung pada wajah, bersihkan terlebih dahulu wajah menggunakan air bersih. Oleskan olahan masker secara merata ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit, jika sudah baru bilas menggunakan air bersih.

Masker bawang putih

Bawang putih merupakan rempah yang sudah cukup dikenal karena memang biasa dijadikan bahan dasar pembuatan bumbu dapur. Namun tahukah Anda? Ternyata bawang putih juga secaa alami mampu mengatasi jerawat pada kulit. Sifat anti virus, anti jamur, anti oksidan dan anti septik pada bawang lah yang dinilai baik untuk memberikan manfaat pada kulit berjerawat. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan zat sulfur yang secara efektif mampu membasmi adanya jerawat membandel pada wajah.

Cara pengolahannya, Anda bisa menghaluskan 1 bawang putih kemudian menempelkannya pada jerawat. Diamkan selama 15 menit, jika sudah, bilas wajah menggunakan air bersih.

Itulah 6 cara mencegah dan mengobati jerawat secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *