Penyebab Dan Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Efek Samping

Jerawat merupakan salah satu masalah yang kerap bahkan hampir semua orang pernah mengalaminya. Masalah kulit ini memang termasuk masalah yang cukup serius bagi para wanita khususnya dan pria pada umumnya, dimana masalah jerawat ini akan mempengaruhi dan mengurangi kepercayaan diri ketika bertemu dengan orang-orang.

Jerawat atau istilah medisnya acne vulgaris merupakan sebuah benjolan yang terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori, atau bisa juga disebabkan karena adanya peradangan pada kulit yang dibarengi dengan nanah dan darah.

Cara menghilangkan jerawat sendiri cukup beragam, mulai dari cara alami hingga cara instan seperti obat, atau dengan perawatan di salon. Meski begitu, jerawat tidak boleh dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja. Nah sebelum membahas lebih dalam bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cara alami, ada baiknya untuk mengetahui apa sih penyebab jerawat itu sendiri.

Obat Jerawat Myzenza

Testimoni Sabun Jerawat – Attarsyah.com

Penyebab Jerawat

Jerawat bisa muncul karena adanya penyumbatan folikel rambut yang dipicu oleh percampuran kotoran, sel kulit mati, dan juga sebum atau suatu zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak, dimana fungsinya untuk mencegah kekeringan kulit.

Jerawat dan juga komedo merupakan kondisi yang harus diwaspadai dan jangan dianggap enteng sebab kondisi ini dapat berkembang jadi jerawat parah. Biasanya jerawat yang sudah berkembang jadi jerawat parah bisa berupa papula, pustula dan nodul atau bahkan bisa berkembang jadi kista.

Lalu apa saja faktor yang bisa meningkatkan dan mempengaruhi risiko seseorang mengalami masalah jerawat, berikut adalah ulasannya

Perubahan Hormon

Ada baiknya sebelum melakukan cara menghilangkan jerawat Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja faktor atau penyebab munculnya jerawat. Hal pertama yang kerap menimbulkan masalah jerawat adalah perubahan hormon, biasanya ini dialami oleh orang dewasa.

Sekitar 8 dari 10 kasus atau masalah jerawat yang dialami orang dewasa sering terjadi pada wanita. Mengapa? Karena wanita lebih cenderung mudah mengalami perubahan hormon di waktu tertentu.

Stress

Selain perubahan hormon, jerawat juga bisa muncul ketika Anda stress. Stress atau depresi ini merupakan salah satu kondisi yang harus diwaspadai, karena bukan hanya jerawat saja yang bisa ditimbulkan oleh kondisi seperti ini namun juga bisa mengakibatkan atau mengganggu kesehatan.

Tidak hanya stress dan perubahan hormon saja yang dapat memicu atau menyebabkan jerawat, namun masih ada banyak faktor lainnya seperti pubertas, efek samping atau pengaruh obat-obatan, keturunan, iritasi, kecanduan rokok dan lainnya.

Terapi Ringan Untuk Menghilangkan Jerawat

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa efek samping? Berikut adalah penjelasannya

1.Bawang Putih

Selain digunakan untuk bumbu dapur bawang putih juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat alami tanpa efek samping. Meski menyengat, bawang putih bisa Anda jadikan untuk mengatasi masalah jerawat membandel.

Bawang putih mengandung senyawa baik yang dapat mengeringkan jerawat atau disebut dengan senyaawa thiacremonon sulful, selain itu terdapat juga senyawa allicin yang berfungsi sebagai antiseptik. Dimana antiseptik ini dapat membantu menangkal berbagai jenis penyebab jerawat.

Caranya yaitu haluskan bawang putih, kemudian oleskan secara merata ke bagian wajah yang berjerawat. Setelah dioleskan merata, tunggu hingga beberapa menit. Bilas menggunakan air hangat, untuk hasil lebih maksimal campurkan bawang putih yang sudah halus dengan cuka apel sebelum dioleskan ke bagian wajah.

2.Scrub Gula

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan scrub gula. cara ini memang masih tergolong cara yang masih jarang diketahui orang kebanyakan, namun siapa sangka jika scrub gula bisa mengatasi masalah jerawat.

Gula murni mengandung senyawa AHA atau alpha hydroxy acids dan juga asam glikolat yang dapat membantu membersihkan kulit wajah, selain itu juga bisa menghilangkan bekas jerawat.

Lebih hebatnya lagi, gula juga dipercaya dapat bermanfaat untuk kecantikan karena gula merupakan musuh utama bakteri karena gula bisa membunuh dinding sel daripada bakteri.

Cara pemanfaatan scrub gula alami untuk mengatasi jerawat yaitu cukup mudah. Siapkan gula dengan perbandingan 2 banding 1 yakni dua sendok makan gula pasir dan satu sdm air. Setelah itu, campurkan keduanya hingga menyerupai pastadan oleskan scrub gula ke bagian wajah yang berjerawat selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

3.Es Batu

Es batu merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bahkan menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah dan menghilangkan kotoran pada wajah yang menjadi pemicu muncunya jerawat.

Cara menggunakannya yaitu pastikan air yang digunakan untuk membuat es batu harus bersih dan steril. Kemudian bungkus es dengan kain bersih, dan usapkan kemudian diamkan beberapa detik pada wajah yang berjerawat.

Ulangi cara tersebut beberapa kali di bagian kulit wajah yang berjerawat. Untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal lakukan cara ini secara rutin.

4.Pasta Gigi

Pasta gigi? Pasti belum banyak yang tahu jika pasta gigi bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat. Kandungan hidrogen peroksida, fluoride, dan triclosan merupakan bahan aktif yang dapat membantu mengeringkan jerawat, selain itu juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit wajah.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi? Yang pertama oleskan pasta gigi di bagian wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan sekitar 2 jam atau bisa semalaman. Setelah kering, bilas menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk kering bersih.

Namun tetap harus hati-hati bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride rendah. Atau lebih amannya lagi gunakan pasta gigi yang berbahan organik.

5.Mentimun

Selain bisa memutihkan kulit tubuh, mentimun juga bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat yang aman tanpa efek samping. Mentimun mengandung asam amino, antioksidan, mineral dan juga vitamin C yang berfungsi untuk menghilangkan racun dalam tubuh, selain itu juga bisa membantu melembabkan kulit dan membersihkannya.

Potong mentimun menjadi bagian tipis-tips yang bisa diterapkan di wajah yang berjerawat, tunggu sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

6.Pepaya

Buah yang memiliki banyak biji ini menjadi salah satu bahan alami yang bagus untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Kandungan enzim papain yang ada pada pepaya dapat mengikis dan menghilangkan sel kulit mati.

Sedangkan kandungan antioksidannya dan juga vitamin di dalamnya bisa mengatasi jerawat dan juga memutihkan wajah. Cara menghilangkan jerawat ini terbilang mudah, yakni bersihkan pepaya dan potong jadi beberapa potongan kecil.

Setelah dipotong kecil-kecil haluskan pepaya sampai menyerupai bubur. Anda bisa menambahkan satu sendok makan madu atau lemon, tergantung selera. Kemudian oleskan pada seluruh bagian wajah, diamkan dan tunggu hingga 15 menit agar menyerap ke pori-pori wajah. Bilas dengan air hangat kemudian keringkan.

7.Lidah Buaya

Siapa yang tidak tahu akan manfaat tanaman berlendir satu ini. selain bagus untuk kesehatan, lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat alami yang bisa dengan mudah diaplikasikan.

Lidah buaya mengandung zat aktif yang dapat menghilangkan jerawat. Zat aktif yang terkandung dalam lidah buaya antara lain ada vitamin C, vitamin E, dan juga antioksidan yang bisa membantu dalam proses penyembuhan kulit berjerawat.

Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama yakni siapkan beberapa lidah buaya atau secukupnya. Kemudian setelah dicuci bersih potong menjadi dua bagian untuk mempermudah ketika mengambul gel yang ada di dalamnya.

Nah jangan lupa untuk memotong duri yang ada di pinggir lidah buaya ya. Setelah itu, ambil gel dan masukkan ke dalam wadah. Haluskan gel lidah buaya tersebut menggunakan alat atau bisa menggunakan garpu.

Setelah gel lidah buaya sudah benar-benar halus, oleskan secara merata ke bagian kulit yang ada jerawat. Tunggu dan diamkan sekitar 3 hingga  menit. Bilas menggunakan air dingin. bagaimana, mudah dan murah bukan. Lakukan perawatan ini secara rutin ya agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

8.Lemon

Selain bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah, lemon juga termasuk bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir masalah jerawat yang mengganggu. Cara menghilangkan jerawat sama dengan cara untuk memutihkan kulit wajah, yakni dengan mengoleskan air perasannya ke wajah dan tunggu sekitar 15 menit.

Setelah selesai dan kering, bilas menggunakan air dingin dan keringkan. Nah untuk Anda yang ingin cepat berhasil, lakukan cara menghilangkan jerawat ini setidaknya 1 kali dalam sehari.

9.Kulit Jeruk

Kulit jeruk sendiri memiliki kandungan asam yang bernama asam alpha hidroksi dan mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan membersihkan sel kulit mati dan juga kotoran.

Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut:

Sebelum menggunakan kulit jeruk nipis, keringkan kulit jeruk terlebih dahulu di tempat yang terkena sinar matahari selama 2 hari atau lebih, atau hingga kulit jeruk mengering. Setelah kering, haluskan dan beri air secukupnya kemudian campur hingga merata.

Oleskan pasta atau campuran bubuk kulit jeruk dengan air ke kulit wajah dan diamkan selama 5 menit atau hingga mengering. Setelah kering bilas menggunakan air hangat.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dan juga  cara menghilangkan jerawat, berikut adalah beberapa tips atau yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau meminimalisir munculnya jerawat. Yang pertama adalah rutin membersihkan wajah. Setelah selesai beraktivitas, Anda harus rutin untuk membersihkan wajah menggunakan pencuci wajah agar sisa-sisa debu dan kotoran yang menempel pada wajah hilang.

Anda bisa membersihkan wajah setiaknya 2 kai dalam sehari, yakni ketika akan tidur dan ketika Anda mandi. Selain itu, rutin gunakan pelembab, namun sesuaikan dengan kondisi kulit wajah Anda. yang tidak boleh terlewatkan adalah gunakan obat jerawat, ini khususnya untuk Anda yang sudah mengalami masalah jerawat. Anda bisa membelinya di klinik kecantikan sesuai dengan resep yang dianjurkan dokter.

Yang tidak kalah penting adalah jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan make up. Sebisa mungkin jangan sering menggunakan make up. Kalaupun dituntut harus menggunakan make up, pilih make up yang sudah mengantongi izin sehingga aman tanpa efek samping. Perhatikan rambut juga bisa jadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat.

Gunakan kondisioner dan shampoo yang sesuai dan cocok untuk rambut. jangan sampai salah memilih, karena akan membuat rambut berketombe yang nantinya akan berdampak buruk pada kulit wajah. Misal pun sudah terlanjur terkena masalah jerawat, lakukan 9 cara menghilangkan jerawat di atas. cara di atas adalah cara alami tanpa efek samping.