Cara Mencegah Dan Mengatasi Diabetes Basah Maupun Kering

Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit kronis yang terjadi akibat kadar gula dalam tubuh berada pada titik di atas normal. Kadar gula memang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, terutama untuk penambah energi tubuh dan pembangkit sel-sel otak. Namun, akan fatal akibatnya jika kadar gula tersebut memiliki kadar yang cukup tinggi. Untuk Anda yang ingin terhindar dan mencegah terjadinya diabetes, maka inilah penyebab, gejala, serta cara mencegah dan mengatasi Diabetes yang perlu Anda ketahui secara lengkap!

Penyebab, Gejala, Dan Cara Mencegah dan Mengatasi Diabetes Secara Tepat

  1. Penyebab terjadinya Diabetes Melitus

Berikut ini ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Diabetes Melitus, antara lain:

  1. Kurang olahraga atau aktivitas fisik

Memiliki tubuh yang gemuk atau obesitas memiliki pengaruh tinggi terjadinya penyakit Diabetes Melitus. Kegemukan ini terjadi karena seseorang jarang atau bahkan tidak pernah melakukan olahraga secara rutin.

  1. Infeksi pankreas

Kadar hormon insulin untuk mengatur kadar gula dalam tubuh dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Jika kelenjar ini mengalami infeksi, maka besar kemungkinan Anda akan terkena penyakit Diabetes.

  1. Pola makan tidak sehat

Makanan yang tidak sehat dan tidak memiliki cukup gizi serta nutrisi dapat menyebabkan seseorang terserang Diabetes Melitus.

  1. Genetika

Memiliki faktor keturunan terkena penyakit Diabetes dapat menyebabkan terjadinya penyakit tersebut.

  1. Merokok

Memiliki kebiasaan buruk merokok dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada kesehatan Anda. Salah satu penyakit yang dapat terjadi akibat merokok ialah Diabetes Melitus.

  1. Hipertensi

Memiliki tekanan darah tinggi dapat memicu terjadinya gangguan pada kadar gula tubuh seseorang. Kondisi ini akan sangat mudah memicu seseorang terkena gangguan Diabetes Melitus.

  1. Gejala terjadinya penyakit Diabetes Melitus

Sedangkan untuk gejala Diabetes Melitus dapat ditandai dengan beberapa hal, sebagai berikut:

  1. Sering merasa kehausan
  2. Sering buang air kecil, terutama pada saat malam hari
  3. Mudah merasa lapar (sering)
  4. Turunnya berat badan yang tidak beraturan
  5. Mengalami turunnya massa otot
  6. Kelelahan yang berlebihan
  7. Masalah penglihatan (pandangan kabur)
  8. Mengalami luka yang susah atau lama sembuhnya
  9. Sering mengalami beberapa masalah infeksi seperti pada vagina, gusi, kulit ataupun saluran kemih.

Setelah mengetahui beberapa faktor dan gejala terjadinya penyakit Diabetes Melitus, maka penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencegah Diabetes Melitus yang tepat. Di bawah ini ada beberapa cara mencegah dan mengatasi Diabetes secara mudah dan tepat.

  1. Cara mengatasi penyakit Diabetes basah dan kering

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit Diabetes Melitus memiliki dua jenis, yaitu Diabetes basah dan Diabetes kering. Berikut ini ada cara mencegah dan mengatasi Diabetes untuk kedua jenis penyakit Diabetes Melitus tersebut secara mudah, antara lain:

  1. Cara mengobati Diabetes basah secara cepat dan tepat
  • Mengatur asupan gizi seimbang

Cara mencegah dan mengatasi Diabetes basah dapat Anda lakukan dengan mengatur pola makan Anda dengan baik. Agar Anda terhindar dari penyakit ini maka usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, susu, kacang-kacangan, dan lainnya. Di samping itu, Anda pun harus mengatur porsi makanan atau minuman yang mengandung gula banyak. Hal ini akan membantu Anda terhindar dan sembuh dari penyakit Diabetes.

  • Melakukan olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat membantu Anda terhindar dari gangguan penyakit Diabetes Melitus. Dengan melakukan latihan fisik ringan setiap hari, maka tubuh Anda akan mampu mengeluarkan banyak keringat dan secara otomatis kadar gula dalam tubuh Anda pun akan berkurang. Cara mencegah dan mengatasi Diabetes basah ini sudah terbukti sangat ampuh. Dengan terhindar dengan kadar gula yang tinggi, Anda pun akan terhindar dari penyakit obesitas yang tentunya akan memicu terjadinya gangguan Diabetes Melitus.

  • Melakukan kontrol obat

Obat pencegah diabetes yang biasanya digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit tersebut ialah obat yang mengandung zat insulin. Dengan mendapatkan pasokan obat yang mengandung insulin maka besar kemungkinan seorang penderita Diabetes Melitus akan sembuh. Meskipun demikian, cara pengobatan ini memakan biaya yang cukup mahal.

Berikutnya, inilah tips cara menyembuhkan Diabetes Melitus kering yang dapat Anda terapkan, antara lain:

  1. Cara mengobati Diabetes kering yang mudah dan tepat

Cara mencegah dan mengatasi Diabetes Melitus dapat dilakukan dengan cara melakukan pengobatan tradisonal. Berikut ini ada beberapa rekomendasi untuk mengobati penyakit Diabetes kering, antara lain:

  • Akupuntur

Akupuntur merupakan pengobatan tradisional dari China yang sangat disarankan untuk mengatasi masalah Diabetes kering. Dengan melakukan perawatan beberapa pada titik saraf pada tubuh maka, kemungkinan Anda sembuh dan terhindar dari Diabetes kering sangat tinggi.

  • Ramuan ginseng

Cara mencegah dan mengatasi Diabetes kering selanjutnya dapat Anda coba dengan menggunakan ramuan ginseng. Ramuan ginseng ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh secara efektif.

  • Mengkonsumsi makan tinggi magnesium

Mengkonsumsi makanan tinggi akan kandungan magnesium merupakan cara mengobati Diabetes kering yang sangat disarankan. Untuk dapat memproduksi banyak zat insulin dalam pankreas, maka usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi.

Demikianlah penjelasan selengkapnya tentang penyebab, gejala, dan cara mencegah dan mengatasi Diabetes secara cepat dan mudah. Lakukan beberapa cara di atas agar Anda terhindar dan sembuh dari gangguan penyakit Diabetes Melitus kering maupun basah.