Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu dari 10 penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia, bahkan dunia. Itulah mengapa mengetahui cara mencegah dan mengatasi penyakit jantung sangat diperlukan, agar setiap individu terhindar dari risiko serangan jantung mendadak. Cara-cara alami berikut ini dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung yang mematikan. Oleh sebab itu, Anda perlu menyimaknya baik-baik sebagai bagian dari berinvestasi pada kesehatan dan hidup Anda!

Langkah Awal Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Jantung

  1. Mengetahui penyebab sakit jantung

Salah satu cara mencegah dan mengatasi penyakit jantung adalah dengan mengetahui penyebab sakit jantung itu sendiri. Setelah mengetahuinya, maka kemungkinan besar Anda dapat menghindari dan bahkan terbebas dari salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini. Sejatinya setiap orang beresiko terkena penyakit jantung, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena serangan penyakit jantung, yaitu;

  • Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan minum minuman beralkohol
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit diabetes
  • Kolestrol yang berlebihan
  • Faktor genetic atau turunan
  1. Mengetahui gejala penyakit jantung

Tips cara mencegah serangan jantung mendadak adalah dengan mengetahui gejala penyakit jantung. Karena banyak kasus serangan jantung yang mendadak disebabkan karena ketidaktahuan pasien tentang gejala yang seharusnya patut diwaspadai. Jika gejala-gejala di bawah ini pernah Anda rasakan, maka Anda patut waspada. Karena jika tidak ditanggapi dengan serius bisa berakibat fatal. Adapun gejala penyakit jantung, yaitu;

  • Dada terasa sakit
  • Rasa tidak nyaman pada area belakang bahu
  • Nyeri di bagian ulu hati
  • Kesulitan menarik nafas (sesak nafas)
  • Sesak saat berbaring atau saat beraktivitas
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mudah sekali merasa lelah
  • Muncul bengkak pada kaki dan tangan

Agar terhindar dari salah satu penyakit mematikan ini, Anda perlu menuliskan perubahan-perubahan atau sensasi keadaan tubuh yang Anda rasakan. Terutama apabila mengalami gejala-gejala seperti yang tercantum di atas, segeralah untuk berkonsultasi pada dokter.

5 Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Jantung Sejak Dini

Mengetahui penyebab dan gejala yang ditimbulkan merupakan langkah paling awal cara mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Dari penyebab munculnya penyakit jantung itulah, maka bisa didapatkan langkah bagaimana cara menghindari diri dari penyakit yang mematikan ini, diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Menerapkan pola hidup sehat, dengan menghentikan kebiasaan merokok dan tidak minum minuman beralkohol

Merokok merupakan salah satu penyebab utama seseorang terserang penyakit jantung. Jadi jika Anda merupakan seorang perokok, segeralah menghentikan kebiasaan merokok Karena merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan bahkan dapat merusak pembuluh darah. Minuman beralkohol pun harus Anda hindari, karena kandungan minuman seperti ini dapat memicu timbulnya gejala penyakit jantung.

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya itu, jenis olahraga tertentu bahkan dapat menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah. Adapun macam olahraga untuk mencegah penyakit jantung yang paling direkomendasikan adalah berjalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang dan tinju. Lakukan olahraga tersebut minimal 30 menit setiap hari, agar terbebas dari penyakit jantung dan serangan jantung mendadak yang mematikan.

  1. Hindari stress

Stress perlu dihindari. Hal ini dimaksudkan agar terhindari dari risiko penyakit jantung, karena salah satu penyebab munculnya penyakit jantung adalah karena stress kronis. Oleh sebab itu, Anda perlu cerdas dalam mengelola emosi, agar terhindar dari stress dan penyakit jantung. Jika ada hal yang terasa mengganggu pikiran, keluarkanlah unek-unek dengan ngobrol atau curhat dengan orang yang dinilai mampu menenangkan pikiran.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan tinggi serat

Salah satu penyebab munculnya penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi dan kolesterol. Keduanya dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat, tinggi serat dan rendah lemak. Adapun makanan untuk mencegah penyakit jantung adalah buah-buahan yang tinggi serat (alpukat, pir, apel, dan pisang), sayuran tinggi serat (bayam, brokoli, dan wortel), gandum utuh, kacang-kacangan, beras merah dan susu rendah lemak atau bebas lemak. Sementara untuk daging, pilihlah daging yang tidak berlemak.

  1. Rutin cek tensi

Bisa dikatakan bahwa tensi merupakan takaran tekanan darah Anda apakah tergolong normal atau tidak. Dikatakn normal, jika angka menunjukkan di bawah 120/80 mmHg. Semakin tinggi angka yang tertera pada alat tensi, maka Anda patut waspada, karena itu artinya Anda semakin berisiko mengalami hipertensi. Selain sebagai penyebab penyakit jantung, hipertensi juga merupakan penyebab stroke. Jadi sering-seringlah cek tensi Anda!

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Oleh sebab itu, penting kiranya setiap orang mengetahui cara mencegah dan mengatasi penyakit jantung sejak dini. Membaca informasi lengkap pada artikel ini juga termasuk salah satu cara terbaik agar Anda terhindar dari penyakit mematikan ini. Karena di sini terdapat informasi sangat penting mengenai segala hal yang berkaitan dengan penyakit jantung, dari mulai penyebab, gejala hingga cara mengatasinya.