Inilah 4 Manfaat Vitamin C Yang Terdapat Dalam Produk Kecantikan

Vitamin C merupakan kandungan yang memiliki sifat anti oksidan dan sangat berperan dalam proses pembentukan kolagen. Sehingga bisa dibilang vitamin C benar-benar tidak bisa dipisahkan dari kulit sehat. Lantas, bagaimana manfaat vitamin C pada produk kecantikan? Vitamin C yang disematkan ke dalam produk kecantikan tentu saja sangatlah bermanfaat karena bisa langsung berfokus pada kulit. Lebih jelasnya lagi mengenai vitamin C, biasanya banyak ditemukan sebagai penyusun untuk lapisan dermis serta epidermis yang ada di dalam kulit normal. Oleh sebab itulah, tidak sedikit produk kecantikan kulit anti aging yang menjadikan vitamin C sebagai salah satu bahan dasar pembuatan produknya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin C untuk kulit Anda:

Vitamin C

Fotoproteksi

Vitamin C bisa menjadi pelindung pada kulit dan mencegah terjadinya kerusakan karena paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan. Ini karena sifat anti oksidan yang ada di dalam vitamin C mampu melawan terjadinya radikal bebas yang bisa mengakibatkan karusakan pada kulit. Radikal bebas biasanya akan terbentuk saat oksigen berinteraksi dengan molekul, lalu masuk ke tubuh dan memberikan reaksi dengan membran sel, akibatnya terjadilah kerusakan pada sel.

Sinar ultraviolet yang berlebihan juga bisa menurunkan kadar vitamin C yang ada di dalam kulit. Seberapa banyak akan hilangnya itu tergantung pada intensitas serta durasi paparan sinar uv yang menyengat kulit. Oleh sebab itulah selain perlindungan menggunakan produk kecantikan sangat diperlukan guna memberikan asupan vitamin C secara rutin pada kulit.

Mencegah terjadinya keriput

Vitamin C juga merupakan salah satu senyawa yang sangat diperlukan dalam proses pembentukan kolagen, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kolagen yang bisa dibentuk dengan baik secara aktif bisa mencegah terjadinya keriput, vitamin C juga terbukti bisa membantu menstabilkan mRNA kolagen sehingga bisa meningkatkan sintesi kolagen dalam proses perbaikan kolagen.

Penelitian juga menunjukan bahwa asupan makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C nya juga akan membantu menurunkan keriput pada kulit apalagi produk kecantikan yang difokuskan langsung pada kulit. Sebuah penelitian juga menunjukan, mereka yang secara aktif menggunakan produk kecantikan berbahan dasar vitamin C selama 12 minggu bisa membantu meremajakan kulit, mengurangi adanya kekasaran pada kulit, serta menurunkan kerusakan serat protein dalam tubuh.

Mengatasi Peradangan Dan Penyembuhan Luka

Ya, vitamin C juga mampu mengatasi peradangan atau mempercepat proses penyembuhan pada luka. Namun bila melihat pada dunia kedokteran, biasanya vitamin C akan digunakan dalam terapi oral pada orang yang memiliki luka tekan yang disebabkan karena terlalu lama berada dalam posisi tidur, serta pada orang yang memiliki luka bakar.

Vitamin C juga bisa membantu peningkatakn sintesi kolagen serta mengurangi respon inflamasi pada area luka. Selain itu sifat anti oksidan pada vitamin C juga secara efektif mampu mengurangi kerusakan kulit pada area luka. Oleh sebab itulah vitamin C mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Tubuh akan menggunakan Vitamin C agar bisa menggantikan jaringan kulit rusak dengan jaringan parut sehingga tubuh akan mempercepat proses penyembuhan lukanya. Bagi mereka yang memiliki kadar vitamin C rendah maka bisa dipastikan akan sangat lama mengalami penyembuhan saat memiliki luka.

Mencegah Kulit Kering

Kulit kering kerap kali menjadi masalah yang sering dialami oleh beberapa orang. Kulit kering akan membuat tidak nyaman bahkan bisa membuat kulit terlihat lebih tua. Nah, asupan vitamin C pada kulit ternyata bisa mencegah terjadinya kering pada kulit. Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa asupan vitamin C yang difokuskan pada kulit bisa membuat kulit terasa lebih lembap dan kenyal. Oleh sebab itulah agar bisa menjaga kelembaban pada kulit maka kadar vitamin C yang ada di dalam tubuh yang didapatkan dari makanan atau produk kecantikan harus bisa terpenuhi dengan baik.

Vitamin C juga ternyata sangat diperlukan agar bisa mempertahankan kesehatan pembuluh darah pada bawah kulit yang akan membawa banyak nutrisi dan oksigen. Ini karena pembuluh darah yang ada pada bawah kulit tersusun dari kolagen, yaitu tempat dimana vitamin C akan berperan saat proses sintesi kolagen.

Bila ingin lebih fokus pada nutrisi kulit, Anda bisa menggunakan produk kecantikan yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Namun bilang ingin mendapatkannya dari makanan, Anda bisa mendapatkan dari beberapa makanan seperti jeruk, strawberi, bayam ataupun brokoli. Selain itu, beberapa suplemen vitamin C juga kerap kali diproduksi guna menunjang kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh. Memenuhi asupan vitamin C sangatlah baik karena bisa membantu dalam proses peningkatan kinerja tabir surya yang akan diaplikasikan pada kulit sehingga kulit bisa terlindungi dari bahaya sinar matahari serta mencegah kerusakan pada sel kulit.

Jadi, sudah sangat jelas bukan manfaat vitamin C pada produk kecantikan? Anda tidak perlu ragu lagi bila ingin menggunakan produk tertentu untuk menjaga kesehatan kulit. Yang perlu Anda perhatikan adalah keaslian produk kecantikannya, karena tidak sedikit produk palsu yang mengunggulkan vitamin C padahal faktanya tidak sama sekali. Salah satu cara untuk melihat keasliannya adalah dengan mengetahui apakah produk tersebut sudah mendapatkan izin legal dari BPOM atau belum? Bila belum, sebaiknya jangan menggunakan produk tersebut ya karena malah akan memberikan resiko tinggi pada kulit Anda, bisa semakin rusak atau ketergantungan dalam pemakaiannya.